Cari Blog Ini

Rabu, 15 November 2017

WUJUDKAN INDONESIA SEHAT DENGAN GERMAS


Tiada yang lebih berharga, dari nikmat hidup sehat.
Sehat jasmani, sehat rohani kunci hidup bahagia.
Meski kaya terhormat mulia, tapi pasti menderita
Jika penyakit musuh utama selalu menggoda.
Bina hidup sehat diri dan keluarga
Bina lingkungan sehat masyarakat sentosa……….
Hidup sehat modal utama
Bagi pembangunan semesta
Sehat sejahtera makmur merata
Berdasarkan Pancasila
Kiranya  mars hidup sehat yang begitu sarat makna,  kesehatan adalah segalanya, tak akan ada artinya kalau raga dan jiwa kita sudah sakit, meskipun kita kaya, terhormat mulia tapi tubuh kita menderita.
Konsep sehat dan sakit sendiri mempunyai banyak makna dari para ahli di seluruh dunia. Misalnya, menurut WHO, sehat adalah suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan. Sedangkan dalam Piagam Ottawa mengatakan bahwa kesehatan ialah suatu sumber daya bagi kehidupan sehari-hari, bukan sebuah tujuan hidup.. Menurut Undang-Undang No 23 Tahun 1992, Kesehatan ialah suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan semua orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam musyawarah Nasional Ulama pada tahun 1983 mengungkapkan bahwa kesehatan ialah suatu ketahanan jasmani, rohani, dan sosial yang dipunyai oleh manusia sebagai karunia dari Allah yang wajib disyukuri dengan cara mengamalkan segala ajaranNya. Demikian beberapa konsep sehat dari beberapa ahli.
Untuk mewujudkan Indonesia sehat, Presiden Joko widodo secara resmi telah meluncurkan program Gerakan masyarakat hidup sehat. GERMAS sendiri dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat. Dengan tujuan 1) Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan; 2) Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk 3) Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Gerakan ini akan dimulai dengan 3 fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM). Dengan GERMAS, pelayanan kesehatan mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang  pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.
Keberhasilan dalam mengimplementasikan GERMAS dan Keluarga Sehat tidak terlepas dari dukungan penuh pemerintah daerah. Sinegitas antara pusat dan daerah harus terus dilakukan karena tujuan dan pola kerja yang sama dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan,
Pada tanggal 12 November ini, kita kembali memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 53. Tema yang diangkat adalah ‘’Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku’’. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.  Sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat dan sadar akan pentingnya kesehatan. Maka,  Kementerian Kesehatan telah menyelenggarakan sebuah Program yang disebut Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga atau biasa disingkat PIS PK. Program ini merupakan terobosan dalam upaya menanggulangi masalah-masalah kesehatan, meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan. Keluarga sebagai suatu lembaga yang merupakan satuan (unit) terkecil dari masyarakat, memiliki peranan dalam menentukan derajat kesehatan masyarakatnya. Pemerintah perlu mendukung keluarga agar dapat melaksanakan fungsi kesehatannya secara optimal, oleh karena itu strategi Pendekatan Keluarga ditetapkan dalam mencapai tujuan Program Indonesia Sehat.

PIS PK berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tinginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.
Perilaku dalam keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu. Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, Pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga. Pendekatan keluarga merupakan pengembangan dari kegiatan luar gedung Puskesmas dengan melakukan kunjungan rumah. Kegiatan yang dilaksanakan merupakan pengembangan dari upaya yang sebelumnya telah dilakukan Puskesmas dalam kegiatan yang disebut Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas). Kegiatan pendataan ke semua keluarga dilakukan dengan menggunakan formulir Profil Kesehatan Keluarga (PROKESGA)/family folder dan Paket Informasi Kesehatan Keluarga (PINKESGA) sebagai data dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di Tingkat Puskesmas. Pendekatan keluarga merupakan pengembangan dari kegiatan luar gedung Puskesmas dengan melakukan kunjungan rumah. Kegiatan yang dilaksanakan merupakan pengembangan dari upaya yang sebelumnya telah dilakukan Puskesmas dalam kegiatan yang disebut Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas).
Melalui kementrian kesehatan diharapkan dukungan stakeholder lintas sektor di daerah untuk dapat menyukseskan GERMAS dan Keluarga Sehat. Menkes juga menyerukan kepada Dinas Kesehatan selaku penanggung jawab dan koordinator penyelenggara pembangunan kesehatan di daerahnya masing-masing agar dalam proses mekanisme pembangunan, dapat lebih menekankan pada kegiatan-kegiatan promotif dan preventif.

Pembinaan kepada Puskesmas perlu dilakukan, dalam hal penyiapan data-data berbasis keluarga di wilayah kerja dan pelayanan atau treatment sesuai dengan permasalahan kesehatan berbasis keluarga. Guna memperkuat sistem kesehatan akses dan kualitas layanan kesehatan juga perlu ditingkatkan. Selain itu, penguatan regulasi, manajemen dan struktur organisasi dapat dilakukan dalam mendukung program GERMAS dan Keluarga Sehat. Mari sama-sama kita wujudkan Indonesia Sehat, cegah penyakit dengan gerakan hidup sehat mulai dari diri sendiri dan keluarga, salam GERMAS ..SEHAT, BUGAR, PRODUKTIF !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar