Cari Blog Ini

Minggu, 26 Juli 2015

MENJADI ‘MACAN TERNAK’ DI HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH

Libur panjang telah usai, baik untuk anak sekolah ataupun karyawan. Saatnya semuanya mempersiapkan untuk memulai aktiitas. Mungkin sekian lama libur, banyak hal yang terbengkelai. Tapi dengan semangat fitrah setelah hari raya, kita harus tetap berkarya.

Hari pertama masuk sekolah seperti memulai aktifitas baru di pagi hari bagi setiap orang tua, terutama seorang ibu. Fenomena sekarang yang lagi tren adalah ‘Macan Ternak’ alias mama-mama cantik antar anak sekolah. 

Macan ternak dapat diartikan sebagai ibu rumah tangga yang mendedikasikan hidupnya untuk mengurus rumah dan keluarganya. Dengan penampilan yang lumayan menarik, banyak pengguna media sosial menggambarkan bahwa salah satu ciri-ciri macan ternak yang banyak dilihat adalah mereka sendiri yang anter jemput anak ke sekolah. Aktifitas mereka sangatlah mulia mulai mempersiapkan sarapan, bekal bahkan mengatur waktu untuk bisa mengantar anak-anak ke sekolah.


Peran ibu sangatlah penting untuk pendidikan anak. Kasih sayang dan perhatian dari seorang Ibu mempunyai pengaruh yang besar pada kepribadian anak. Perhatian dan kasih sayang tersebut akan menimbulkan perasaan di terima dalam diri anak-anak dan membangkitkan rasa percaya diri di masa-masa pertumbuhan mereka. Ibu merawat anak sejak masih dalam kandungan hingga dewasa. Seorang ibu memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan generasi muda yang kreatif, inovatif, prestatif, edukatif dan produktif. Adalah sebuah mimpi hal itu terwujud jika tidak dilukis oleh tangan-tangan lembut seorang ibu. Dan untuk mewujudkannya, tidak lain hanyalah melalui wanita sholihah yang berilmu, berakal dan bertaqwa yang dapat melakukannya.

Dihari pertama masuk sekolah, orang tua  diharapkan berperan lebih aktif atau memberikan perhatian yang lebih untuk anak-anak kita. Apresiasi juga perlu di berikan kepada pemerintah dalam mendukung hal ini. Karena, Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi, menganjurkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan aparatur pemerintah lainnya, agar meluangkan waktu untuk mengantarkan anak-anaknya berangkat sekolah pada hari pertama masuk, baik di SD, SMP maupun SMA, Senin (27/7). Tujuannya adalah untuk  meningkatkan budi pekerti anak, membangun kepercayaan diri anak, serta sebagai bentuk komitmen yang kuat dari orang tua terhadap lingkungan sekolah anak-anaknya. Instruksi tersebut merupakan hal baru yang dinilai sangat sarat pesan positif dan bermanfaat bagi semua orang tua.

Instruksi MenPAN-RB tersebut sangat mendukung para macan ternak. Begitu hebat mereka, dengan segala kesibukan dan aktifitasnya. Mamah-mamah cantik itu mempunyai totalitas yang di atas rata-rata. Setelah anter anak sekolah, mamah-mamah cantik ini biasanya mendedikasikan hidupnya tetap buat keluarga. Biasanya, aktivitas mereka setelah anter anak ya belanja, masak, atau ngelakuin aktivitas rumah lain sebelum anak dan suami pulang.

Mamah-mamah yang cantik ini juga banyak yang mandiri. Maksudnya, mereka bersedia melepas karirnya, lalu sepenuhnya merawat anak dan suami. Mamah-mamah tipe ini juga jago masak, bersih-bersih rumah, dan pintar mendidik anak.  Tapi mereka mendedikasikan hidupnya buat si anak yang dilahirkannya, dan suami yang bertanggungjawab mencari nafkah. 

Tetap bangga buat para 'Macan Ternak'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar